Thursday, April 18, 2024
WisataMengenal Mangga Indramayu dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Mangga Indramayu dan Jenis-Jenisnya

Reformasi.co.id – Indramayu dikenal sebagai kota penghasil mangga. Banyak yang mengakui mangga Indramayu rasanya enak dan manis. Maka tak heran jika kabupaten di wilayah pantura ini dikenal sebagai kota mangga.

Mangga Indramayu terdiri dari berbagai jenis. Bahkan dari berbagai jenis itu ada mangga yang hasil persilangan dan pengembangan lewat teknologi pertanian modern.

Sebagaimana buah pada umumnya, mangga Indramayu juga memiliki kandungan bergizi. Diantaranya 41mg vitamin C dalam 100 gram mangga, serta mengandung antioksidan, kalsium, dan beta karoten.

Jenis-Jenis Mangga Indramayu

Langsung saja berikut jenis-jenis mangga Indramayu

Mangga Gedong Gincu

mangga gedong gincu
Mangga gedong gincu.

Mangga Indramayu jenis gedong gincu merupakan mangga yang paling populer dibawa ke luar daerah. Pasalnya bentuknya bagus, perpaduan hijau, kuning, dan kemerah-merahan. Selain tentu saja rasanya manis.

Mangga Gajah

mangga gajah
Mangga gajah.

Mangga Indramayu yang satu ini disebut mangga gajah karena memang ukurannya besar. Mangga ini lebih banyak dihasilkan oleh pohon mangga di rumah-rumah penduduk. Rasanya manis dan memiliki cukup banyak serat.

Mangga Harum Manis

mangga harum manis
Mangga harum manis.

Jika ada mangga yang tidak mengenal masam, maka mangga Indramayu harum manis namanya. Sebab sejak buahnya masih mentah, ia tidak cocok untuk dibuat rujak seperti mangga Indramayu pada umumnya.

Mangga Cengkir

mangga cengkir
Mangga cengkir.

Mangga Indramayu yang paling khas adalah mangga cengkir. Mangga yang satu ini layaknya buah endemik, hanya cocok ditanam di Indramayu. Bentuknya mirip dengan mangga harum manis.

Mangga Golek

mangga golek
Mangga golek.

Bentuknya yang lonjong memanjang membuatnya seperti boneka. Nah, boneka dalam bahasa Indramayu disebut golek, maka jadilah mangga Indramayu ini disebut mangga golek.

Mangga Lalijiwo

mangga lalijiwo
Mangga lalijiwo.

Mangga lalijiwo juga banyak ditemukan di Indramayu. Asalnya memang bukan dari Indramayu, namun dari tanah Jawa yang lain. Aromanya cukup kuat, sehingga penikmatnya menyebut lali jiwo atau lupa dengan jiwa.

Mangga Agrimania

mangga agrimania
Mangga agrimania.

Mangga yang satu ini merupakan mangga hasil pembibitan dari seorang pegiat pertanian di Indramayu. Namanya Haji Urip. Dia pengelola tempat wisata agro di Situ Bolang, Jatisura, Indramayu.

Mangga agrimania membuang berbagai kelemahan mangga, sehingga menghasilkan mangga yang besar, manis, dan memiliki kulit yang merah kehijauan.

Mangga Manalagi

mangga manalagi
Mangga manalagi.

Mangga manalagi merupakan paduan dari mangga golek dengan mangga harum manis. Bentuk buahnya lonjong dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Harga Mangga Indramayu

Harga mangga Indramayu sangat bervariasi. Harganya bakal lebih murah jika Anda membeli langsung dari penanamnya. Apalagi jika sudah memasuki musim panen mangga, yakni pada pertengahan jelang akhir musim kemarau. Pada saat itu akan terjadi surplus hasil mangga.

Secara normal, harga buah mangga di Indramayu mulai dari Rp25.000 per kilogram. Satu kilogram mangga itu hanya terdiri dari tiga hingga empat butir saja, tergantung dari besar kecilnya buah mangga.

# Ikuti berita terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini