Thursday, April 18, 2024
WisataMengenal Papeda, Kuliner Khas Papua Terbuat dari Tepung Sagu

Mengenal Papeda, Kuliner Khas Papua Terbuat dari Tepung Sagu

Reformasi.co.id – Kuliner Indonesia kaya akan ragam rasa dan budaya. Salah satu makanan khas dari Papua yang mungkin belum banyak dikenal di berbagai penjuru Indonesia adalah papeda.

Papeda adalah makanan pokok suku-suku di Papua yang memiliki cita rasa unik dan persiapan yang cukup menarik.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi lebih dalam tentang papeda, mulai dari pengenalan, cara membuatnya, hingga penutup yang merangkum kekayaan kuliner Indonesia yang tak terbatas.

Mengenal Papeda

Papeda adalah makanan tradisional Papua yang berasal dari sagu. Sagu adalah sejenis tepung yang diperoleh dari pati sagu yang diekstraksi dari pohon sagu.

Papeda sendiri merupakan hasil pengolahan sagu yang berbentuk bubur kental dan lengket. Dalam bahasa asli Papua, papeda juga dikenal dengan sebutan “kwak” atau “kaw”.

Biasanya, papeda disajikan sebagai pendamping hidangan berkuah, seperti ikan, udang, atau daging. Rasanya yang sangat netral dan lekat membuatnya menjadi pelengkap yang sempurna untuk sajian-sajian berkuah ini.

Papeda tidak hanya lezat, tetapi juga sangat gizi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi, yang merupakan sumber energi bagi banyak orang Papua.

Cara Membuat Papeda

Membuat papeda mungkin terlihat sederhana, tetapi dibutuhkan keahlian khusus agar hasilnya lembut dan lezat. Berikut langkah-langkah cara membuat papeda:

Bahan-bahan:

  • Tepung sagu
  • Air

Langkah-langkah:

  • Campur tepung sagu dengan air hingga membentuk adonan kental. Penting untuk mencampurnya dengan hati-hati untuk menghindari gumpalan.
  • Setelah adonan tercampur rata, didihkan air dalam panci.
  • Tuangkan adonan sagu ke dalam air mendidih sambil terus diaduk perlahan dengan sendok kayu.
  • Terus aduk adonan hingga teksturnya mulai mengental dan lengket. Pastikan Anda terus mengaduk agar adonan tidak gosong atau menggumpal.
  • Papeda siap disajikan ketika telah mencapai konsistensi yang diinginkan. Ini biasanya memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Penutup

Papeda adalah salah satu makanan khas Indonesia yang patut dicoba. Dengan cita rasa yang netral dan tekstur yang unik, papeda menjadi makanan yang cocok dijadikan pendamping hidangan berkuah khas Papua. Sagu sebagai bahan utamanya juga menjadikan papeda sebagai sumber energi yang baik.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini