Tuesday, April 23, 2024
Pendidikan1 Juni Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Sejarahnya

1 Juni Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Sejarahnya

Reformasi.co.id – Pancasila adalah dasar negara Republik Indonesia yang dirumuskan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Untuk memahami sejarah kelahiran Pancasila, kita perlu melihat ke masa revolusi Indonesia yang terjadi pada tahun 1945.

Pada 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya dari penjajahan Belanda. Namun, meskipun merdeka secara politik, Indonesia masih menghadapi tantangan dalam membangun negara yang baru.

Salah satu tantangan utama adalah menyatukan berbagai kelompok etnis, agama, dan budaya yang beragam di Indonesia menjadi sebuah negara yang kokoh.

Untuk mengatasi tantangan ini, Presiden pertama Indonesia, Soekarno, membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tahun 1945.

BPUPKI bertugas untuk menyusun dasar negara yang akan menjadi landasan bagi Indonesia yang baru merdeka.

Sejarah Hari Lahir Pancasila

Pada tanggal 1 Juni 1945, Sidang Pertama BPUPKI diadakan di Jakarta. Dalam sidang tersebut, diputuskan untuk membentuk sebuah panitia kecil yang bertugas menyusun dasar negara. Panitia kecil ini dikenal sebagai Panitia Sembilan atau juga dikenal sebagai PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

PPKI kemudian mengadakan Sidang Empat Besar pada tanggal 18-22 Juni 1945 di Jakarta. Sidang tersebut melibatkan para tokoh nasionalis dan pemimpin agama yang mewakili berbagai kelompok etnis dan agama di Indonesia.

Dalam Sidang Empat Besar itulah, ide-ide yang kemudian menjadi dasar negara Indonesia, Pancasila, diusulkan dan dibahas.

Panitia Sembilan sepakat untuk mengadopsi Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila sendiri terdiri dari lima sila yang meliputi Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Setelah disepakatinya Pancasila sebagai dasar negara, Pancasila kemudian diumumkan kepada publik pada tanggal 1 Juni 1945. Tanggal ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Kelahiran Pancasila dan dirayakan setiap tahun di Indonesia.

Pancasila menjadi dasar negara Indonesia sejak saat itu dan terus menjadi pijakan dalam pembentukan hukum, pemerintahan, dan sistem nilai di Indonesia. Pancasila menjadi simbol persatuan, keragaman, dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Demikianlah sejarah kelahiran Pancasila, yang merupakan hasil dari perjuangan dan musyawarah para pendiri bangsa Indonesia dalam mencari dasar negara yang mampu menyatukan berbagai elemen dalam masyarakat Indonesia yang beragam.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com