Sunday, May 19, 2024
Budaya10 April 2023 Memperingati Hari Senin Paskah, Ini Sejarahnya

10 April 2023 Memperingati Hari Senin Paskah, Ini Sejarahnya

Hari Senin Paskah yang jatuh pada hari ini 10 April 2023 merupakan hari yang penting bagi umat Kristiani. Peringatan ini merupakan rangkaian dari Hari Jumat Agung yang diperingati kemarin.

Paskah adalah hari raya Kristen yang diperingati setiap tahunnya oleh umat Kristen di seluruh dunia.

Hari raya ini memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian pada hari Minggu pagi setelah perayaan Paskah Yahudi.

Paskah juga merupakan hari raya yang paling penting dalam kalender liturgi Kristen, karena peristiwa kebangkitan Yesus menjadi dasar iman Kristen.

Selama masa Paskah, umat Kristen memperingati penderitaan, kematian, dan kebangkitan Yesus Kristus.

Selain itu, Paskah juga menjadi momen refleksi dan introspeksi bagi umat Kristen untuk merenungkan makna kehidupan dan arti dari kebangkitan Kristus.

Pengertian Paskah

Paskah berasal dari bahasa Ibrani “Pesach” yang berarti “melompati”. Paskah Yahudi dirayakan untuk memperingati kebebasan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir.

Selama perayaan Paskah Yahudi, umat Yahudi memakan roti yang tidak beragi (matzah) untuk mengingat waktu ketika bangsa Israel harus meninggalkan Mesir dengan cepat dan tidak sempat membuat roti yang mengembang.

Paskah Kristen, sementara itu, memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Menurut kitab suci Kristen, pada hari Jumat sebelum Paskah, Yesus disalibkan dan meninggal dunia.

Tiga hari kemudian, pada hari Minggu pagi, Yesus bangkit dari kematian. Peristiwa ini menjadi dasar iman Kristen dan menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah Mesias yang dinanti-nanti.

Perayaan Paskah Kristen dimulai dengan Minggu Palma, yang dirayakan pada hari Minggu sebelum Paskah. Minggu Palma memperingati kedatangan Yesus di Yerusalem dan pengakuan umat Kristen terhadapnya sebagai Mesias.

Selama perayaan ini, umat Kristen membawa daun palma dan mengikuti prosesi seperti yang dilakukan orang-orang di Yerusalem saat kedatangan Yesus.

Setelah Minggu Palma, dimulailah masa Suci atau Pekan Suci. Masa ini dimulai pada hari Minggu dan berakhir pada hari Sabtu sebelum Paskah.

Selama Pekan Suci, umat Kristen memperingati peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan Yesus, seperti Perjamuan Terakhir, Penyaliban, dan Kebangkitan.

Sejarah Hari Senin Paskah

Hari Senin Paskah juga dikenal sebagai Hari Paskah Cerah atau Hari Paskah Putih. Hari ini dirayakan oleh Gereja Ortodoks Timur dan beberapa gereja Kristen lainnya.

Hari Senin Paskah dimulai setelah malam Paskah dan dianggap sebagai hari yang suci dan penuh makna bagi umat Kristen.

Menurut tradisi Gereja Ortodoks Timur, Hari Senin Paskah merupakan hari pertama dalam Octave of Easter, yaitu periode delapan hari yang dimulai pada hari Paskah dan berakhir pada hari Minggu berikutnya.

Selama Octave of Easter, umat Kristen merayakan kebangkitan Kristus dan memperkuat iman mereka.

Hari Senin Paskah juga memiliki makna khusus bagi Gereja Ortodoks Timur. Menurut tradisi, pada hari ini, Yesus Kristus menampakkan diri kepada murid-muridnya di pantai dan meminta Petrus untuk menggembalakan domba-domba-Nya.

Kisah ini terdapat dalam Injil Yohanes 21:1-19 dan menjadi dasar tradisi Gereja Ortodoks Timur untuk memperingati Hari Senin Paskah sebagai Hari St. Petrus.

Selama perayaan Hari Senin Paskah, umat Kristen Ortodoks Timur melakukan ibadah khusus yang disebut Agape Vesper atau Ibadah Cinta Kasih. Ibadah ini dimulai pada malam Hari Senin Paskah dan berlangsung hingga pagi hari Selasa.

Selama ibadah ini, umat Kristen membaca cerita kebangkitan Kristus dan berdoa bersama dalam bahasa Yunani Kuno.

Di beberapa negara, Hari Senin Paskah juga menjadi hari libur nasional, seperti di beberapa negara Eropa Timur dan Balkan.

Selain itu, di beberapa negara, tradisi unik dilakukan pada Hari Senin Paskah, seperti melakukan permainan tradisional atau mengadakan pasar barang antik.

Dalam kesimpulan, Paskah adalah hari raya Kristen yang memperingati kebangkitan Yesus Kristus dari kematian. Paskah menjadi dasar iman Kristen dan momen refleksi bagi umat Kristen untuk merenungkan makna kehidupan dan arti dari kebangkitan Kristus.

Hari Senin Paskah juga memiliki makna khusus bagi Gereja Ortodoks Timur sebagai Hari St. Petrus dan dianggap sebagai hari yang suci dan penuh makna bagi umat Kristen.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini