Thursday, July 25, 2024
Pendidikan17 Juli Hari Keadilan Internasional, Begini Sejarahnya

17 Juli Hari Keadilan Internasional, Begini Sejarahnya

Reformasi.co.id – Hari Keadilan Internasional diperingati setiap tanggal 17 Juli setiap tahunnya sebagai pengakuan terhadap pentingnya keadilan dalam mencapai perdamaian dan pembangunan yang berkelanjutan.

Peringatan Hari Keadilan Internasional berkaitan dengan upaya global untuk menghormati dan mempromosikan prinsip-prinsip keadilan di dunia.

Peringatan Hari Keadilan Internasional memiliki akar sejarah yang beragam. Pada tahun 2005, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengadopsi Resolusi A/RES/60/147 yang menetapkan tanggal 17 Juli sebagai Hari Keadilan Internasional.

Resolusi ini juga menyarankan kepada negara-negara anggota PBB untuk memperingatinya sesuai dengan konteks nasional mereka masing-masing.

Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat internasional tentang isu-isu keadilan yang ada di dunia. Keadilan di sini mencakup berbagai aspek, termasuk keadilan sosial, keadilan gender, keadilan ekonomi, keadilan lingkungan, dan keadilan dalam sistem hukum.

PBB berharap bahwa peringatan ini dapat menjadi panggung untuk menggalang dukungan global dalam memerangi ketidakadilan dan pelanggaran hak asasi manusia di seluruh dunia.

Setiap tahun, tema spesifik ditetapkan untuk peringatan Hari Keadilan Internasional guna memberikan fokus pada isu-isu keadilan yang mendesak.

Misalnya, tema pada tahun tertentu dapat berkaitan dengan perlindungan hak anak, penghapusan kemiskinan, pengentasan ketidaksetaraan, perlindungan hak perempuan, atau isu-isu lain yang menjadi perhatian global.

Peringatan Hari Keadilan Internasional melibatkan berbagai kegiatan di seluruh dunia, seperti seminar, konferensi, diskusi panel, kampanye sosial, dan kegiatan edukatif.

Organisasi non-pemerintah, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dan individu-individu berperan dalam mempromosikan keadilan dan menyebarkan pesan tentang pentingnya keadilan dalam membangun dunia yang lebih baik.

Dalam konteks Indonesia, peringatan Hari Keadilan Internasional dapat diikuti oleh berbagai kelompok masyarakat, lembaga pendidikan, organisasi masyarakat sipil, dan pemerintah daerah.

Kegiatan-kegiatan ini dapat berupa seminar, diskusi publik, kampanye sosial, atau acara seni yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu-isu keadilan dan mendorong partisipasi aktif dalam mempromosikan keadilan di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Peringatan Hari Keadilan Internasional merupakan momen penting untuk merefleksikan tantangan dan peluang yang dihadapi oleh dunia dalam mencapai keadilan.

Dalam konteks global yang semakin kompleks, peringatan ini mengingatkan kita akan pentingnya kerja sama internasional dan komitmen bersama dalam membangun dunia yang lebih adil dan berkeadilan bagi semua.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini