Thursday, April 18, 2024
DaerahAmankan Tersus Migas, Pertamina Balongan Sosialisasikan ISPS Code

Amankan Tersus Migas, Pertamina Balongan Sosialisasikan ISPS Code

Indramayu – PT KPI Unit VI Balongan bekerja sama dengan PT Pertamina Trans Kontinental gelar kegiatan Exercise ISPS Code, Fire Fighting & Oil Spill Response Tersus Migas yang dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14-15 Juni 2023.

Kegiatan ini melibatkan berbagai pihak yang berkepentingan langsung terhadap pengamanan perairan di antaranya Polisi Perairan (Polair) Polisi Daerah Jawa Barat, Pangkalan TNI AL (LANAL) Cirebon, Kepolisian Resor (Polres) Indramayu, Kodim 0616/Indramayu, dan Kantor UPP Kelas III Indramayu serta beberapa pihak lainnya.

Latihan ini ditujukan untuk memastikan kepatuhan ISPS Code pada Pelsus Migas Pertamina Balongan serta merupakan pemenuhan persyaratan izin Operasi Pelsus Migas Pertamina Terminal Khusus Balongan.

Adapun dalam kegiatan tersebut dilakukan pula uji coba Port Facility Security Plan (PFSP) Terminal Khusus Migas Pertamina Balongan dan uji coba Prosedur Penanggulangan Kebakaran serta Tumpahan Minyak Tier-1 di Perairan Pelsus Migas Pertamina Balongan.

Di hari pertama, dilakukan Sosialisasi PFSP & Protap PKKTMP serta Table Top terkait Alur Komunikasi Exercise ISPS Code, Fire Fighting & Oil Spill Response Tersus Migas RU VI Balongan di Ballroom Hotel Handayani, Indramayu (14/6).

Kegiatan dihadiri Danlanal Cirebon dan pihak-pihak yang terlibat langsung dalam latihan. Kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi dan evaluasi skenario alur komunikasi yang dilaksanakan dalam bentuk tabletop drill.

Pelaksanaan Manuvra Drill Exercise ISPS Code, Fire Fighting & Oil Spill Response Tier-1 Tersus Migas di hari kedua berlokasi di Area Dermaga Propylene PT KPI Unit VI Balongan.

Dalam kegiatan ini dilakukan tindakan pengamanan pada Security Level 1, 2, dan 3 ISPS Code dan tindakan Penanggulangan Kebakaran & Tumpahan Minyak Tier-1 di Perairan Terminal Khusus Migas Pertamina Balongan. Adapun tindakan P3K dan Evakuasi dilakukan setelah dua latihan tersebut dilaksanakan.

Menutup kegiatan, Manager HSSE RU VI dr. Nur M. Marheliansyah dalam sesi evaluasi menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai pihak yang telah terlibat dalam latihan ini.

“Apresiasi setinggi-tingginya untuk semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan ini. Secara umum tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan latihan. Dengan latihan ini sudah sangat jelas alur koordinasi dan komando yang akan sangat membantu jika nantinya terjadi hal yang tidak kita inginkan,” ujar dr. Nur.

Adapun menutup rangkaian kegiatan selama dua hari tersebut, Akir selaku perwakilan Kepala Kantor UPP Kelas III Indramayu menyatakan bahwa Exercise tahun ini secara resmi dinyatakan diterima.

“Manuvra ini dinyatakan diterima dengan beberapa catatan yang akan kita jadikan evaluasi kedepan,” ujar Akir.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini