Thursday, April 18, 2024
NasionalAnggaran Kemiskinan 500 Triliun Habis Buat Rapat dan Studi Banding, Ini Sanggahan...

Anggaran Kemiskinan 500 Triliun Habis Buat Rapat dan Studi Banding, Ini Sanggahan Sri Mulyani

Reformasi.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyanggah pernyataan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birkorasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas. Menurut Sri itu tidak mungkin.

Sri Mulyani menjelaskan anggaran penanganan kemiskinan sedianya sudah terprogram. Sehingga tidak mungkin dipergunakan untuk studi banding atau rapat di hotel.

“Anggaran bansos dan program pendukungnya, tahun lalu Rp 460 triliun, itu sebagian besar program yang langsung diterima oleh kelompok miskin,” ungkap SRi, di Jakarta, pada Selasa (31/1).

Anggaran kemiskinan biasanya diberikan secara langsung melalui program pemerintah, seperti Program Keluarga Harapan (PKH) yang diterima oleh sekitar 10 juta keluarga penerima manfaat.

“Enggak ada seminar-seminar, wong namanya sudah ada by name, by address, by account number,” jelas Sri.

Sama halnya dengan bantuan program sembako, bantuan makanan untuk lanjut usia dan penyandang disabilitas. Itu, kata Sri, langsung diberikan ke penerima manfaat.

Semua anggaran kemiskinan terserap dan langsung diberikan ke penerimanya sesuai jumlah sasaran.

“Maksud Pak Azwar Anas adalah belanja barang pemerintah secara umum yang memang digunakan untuk perjalanan dinas, seminar, hingga rapat. Itu memang sedang kita turunkan,” terang Sri.

Sebelumnya Azwar Anas mengatakan bahwa anggaran kemiskinan Rp 500 triliun tidak terserap. Anggaran dipergunakan untuk kementerian dan lembaga yang tidak sejalan dengan penanganan fakir miskin.

# Ikuti berita terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini