Tuesday, April 23, 2024
DaerahBangun Fireground, Pertamina EP Region 2 Belajar ke Balongan

Bangun Fireground, Pertamina EP Region 2 Belajar ke Balongan

Indramayu – PT KPI Unit VI Balongan melalui Fungsi HSSE Bagian Fire & Insurance menerima kunjungan dari tim Pertamina EP Region 2 Zona 7 dalam rangka studi banding fasilitas Fireground RU VI.

Kunjungan dari tim EP, yang terdiri dari Pekerja Operasi dan HSSE, disambut oleh Sr. Spv. Emergency Response & Facility Yogi Wardhana bersama rekan-rekan kerja di Ruang Rapat 2, Gedung Administrasi RU VI.

Dalam kegiatan ini, Supervisor Insurance Maman Sudisman memaparkan fasilitas Fireground RU VI serta berbagi informasi mengenai kegiatan operasional, terutama tentang teknis operasi tim pemadam kebakaran, baik di RU VI maupun di EP Region 2 Zona 7.

Terkait kunjungan ini, Section Head Fire & Insurance Sutisna Kardiman menjelaskan bahwa fasilitas Fireground RU VI telah memperoleh sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

“Fasilitas Fireground RU VI telah mampu melaksanakan sertifikasi dengan modul pemadam kebakaran hingga tingkat 2, yaitu pemadaman api besar,” jelas Sutisna.

Kami sangat mendukung sinergi antara Pertamina dan berusaha meningkatkan kompetensi para pekerja.

“Silakan pelajari fasilitas kami, dan semoga melalui kunjungan ini kita dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang HSSE, terutama dalam penanganan keadaan darurat di Wilayah Indramayu,” tambahnya.

Sementara itu, ERCM Engineer EP Region 2 Zona 7, yang juga merupakan Koordinator HSSE, M. Wawan, mengungkapkan bahwa mereka menghadapi tantangan berupa kekurangan petugas pemadam kebakaran di unit mereka yang tersebar di berbagai wilayah yang berbeda.

Untuk mengatasi permasalahan ini, mereka berencana meningkatkan kompetensi para pekerja operasional agar mereka dapat memiliki kualifikasi pemadam kebakaran hingga tingkat 2.

“Kami memiliki program untuk meningkatkan kompetensi para pekerja operasional kami, sehingga mereka dapat menjadi pemadam kebakaran berlisensi tingkat 2,” ungkapnya.

Sebagai langkah optimalisasi jangka panjang, mereka berencana membangun fasilitas Fireground yang memadai untuk melaksanakan sertifikasi pemadam kebakaran dari BNSP.

“Kami akan mempelajari sebanyak mungkin fasilitas Fireground RU VI, yang akan menjadi salah satu sumber data penting dalam pembangunan fasilitas Fireground kami,” tambah Wawan.

Selain membahas fasilitas, pembahasan dalam kunjungan ini juga mencakup pertukaran informasi mengenai sarana dan prasarana serta teknis pelaksanaan pemadaman kebakaran.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com