KesehatanDokter Victor Chang, Dokter Jantung yang Mejeng di Google Doodle Hari Ini

Dokter Victor Chang, Dokter Jantung yang Mejeng di Google Doodle Hari Ini

Reformasi.co.id – Dokter Victor Chang, yang dikenal sebagai pelopor dalam bedah transplantasi jantung modern, mendapat penghormatan melalui Google Doodle pada 21 November 2023, yang merupakan hari ulang tahunnya yang ke-87​​.

Ia lahir di Shanghai pada tahun 1936, Dr. Chang pindah ke Australia pada awal 1950-an untuk tinggal bersama keluarga besarnya​​. Pemilihan karirnya dalam bidang kedokteran dipengaruhi oleh kematian ibunya akibat kanker payudara pada tahun 1948​​​​.

Setelah menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Universitas Sydney dan bekerja di St Vincent’s Hospital, dia melanjutkan pelatihan di Inggris dan Amerika Serikat sebagai seorang ahli bedah sebelum kembali ke Australia​​.

Dr. Chang menjadi Fellow of the Royal College of Surgeons pada tahun 1966 dan dilatih dalam bedah kardio-toraks di Royal Brompton Hospital. Ia kemudian menghabiskan dua tahun di Klinik Mayo di Amerika Serikat, menjadi kepala residen, sebelum kembali ke St Vincent’s Hospital pada tahun 1972 sebagai ahli bedah kardio-toraks konsultan​​.

Antara tahun 1984 dan 1990, unit Dr. Chang di St Vincent’s Hospital melakukan lebih dari 197 transplantasi jantung dan 14 transplantasi jantung-paru. Unit ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, dengan 90% penerima transplantasi bertahan hidup melebihi satu tahun pertama.

Dr. Chang juga memimpin tim dalam pengembangan katup jantung buatan dan pembuatan katup jantung murah, yang kemudian digunakan secara luas di Asia​​. Pada tahun 1984, ia mendirikan Dr. Victor Chang Foundation untuk mendanai bidang yang ia minati, yaitu pendidikan dan inovasi dalam kardiologi dan bedah kardio-toraks​​.

Sayangnya, Dr. Chang dibunuh pada tahun 1991 oleh dua pria muda dalam upaya pemerasan yang gagal​​. Sebagai penghormatan, Dr. Victor Chang Cardiac Research Institute didirikan pada tahun 1994, dan Dr. Victor Chang Lowy Packer Building di St Vincent’s Hospital didirikan pada tahun 2008 dengan dana $35 juta dari pemerintah negara bagian dan $45 juta dari sumbangan korporat dan pribadi​​.

Untuk kontribusinya terhadap medis, Dr. Chang diangkat sebagai Companion of the Order of Australia pada tahun 1986 dan diberi penghargaan sebagai Australian of the Century pada People’s Choice Awards tahun 1999​​.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini