Sunday, May 19, 2024
DaerahGunung Ruang Kembali Erupsi, PVMBG Ingatkan Ini

Gunung Ruang Kembali Erupsi, PVMBG Ingatkan Ini

Sitaro – Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, kembali menjadi sorotan setelah melaporkan aktivitas erupsi baru-baru ini.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), pada Selasa (30/4/2024), Gunung Ruang meletus pada pukul 02.35 WIB, mengakibatkan peningkatan statusnya menjadi level IV atau dalam kondisi “Awas”.

Erupsi ini direkam oleh seismograf dengan amplitudo maksimum mencapai 55 mm dan durasi mencapai 600 detik.

Tak hanya itu, tinggi kolom abu dari erupsi ini juga teramati mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak gunung. Informasi terkini ini diumumkan oleh PVMBG melalui akun resmi mereka.

PVMBG juga mengeluarkan imbauan kepada masyarakat agar menjauhkan diri dari radius 6 kilometer dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Terutama, masyarakat yang tinggal di Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius tersebut diminta untuk segera dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang tinggal di daerah sekitar puncak gunung, diingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bahaya seperti lontaran batuan pijar, aliran piroklastik, dan bahkan potensi tsunami akibat runtuhan material vulkanik ke dalam laut,” demikian pernyataan resmi dari PVMBG.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini