Sunday, May 19, 2024
DaerahJaga Performa dan Keandalan, Pertamina Balongan Lakukan Pemeliharaan

Jaga Performa dan Keandalan, Pertamina Balongan Lakukan Pemeliharaan

Reformasi.co.id PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, melakukan pemeliharaan skala kecil terhadap salah satu flare dan unit Naphta Processing Unit (NPU), bertujuan untuk menjaga keandalan dan performa operasional kilang.

“Pada kegiatan pemeliharaan unit NPU dan flare ini, kami melibatkan empat perusahaan kontraktor dengan serapan pekerja sekitar 150 orang,” kata Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli, di Indramayu, Jumat.

Menurutnya unit NPU dikenal sebagai Kilang Langit Biru Balongan (KLBB) merupakan unit yang mengolah bahan baku Naphta menjadi Gasoline dengan angka oktan tinggi, diharapkan dengan adanya pemeliharaan NPU keandalan dan performa operasional kilang terus terjaga.

“Adanya pemeliharaan ini diharapkan performa Kilang terus terjaga, dan bisa semakin optimal,” ujarnya.

Zulkifli mengatakan proses pelaksanaan pemeliharaan dijadwalkan berlangsung mulai tanggal 10 sampai 27 Januari 2023, dengan perincian 10-17 Januari 2023 merupakan waktu untuk preparasi crane, kemudian 18-21 Januari 2023 merupakan waktu mechanical days, dan 21-27 Januari 2023 merupakan proses menjalankan kembali unit NPU.

Zulkifli menjelaskan, selama pelaksanaan kegiatan ada kemungkinan api flare atau pembakaran gas buangan akan berbeda dari biasanya disertai dengan suara gemuruh yang lebih besar.

“Namun seluruh proses kegiatan pemeliharaan dilakukan dengan prosedur baku yang aman dan mendapat pengawasan keselamatan yang sangat ketat oleh fungsi Health, Safety, Security, and Environment (HSSE). Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami harap masyarakat tidak merasa khawatir,” tuturnya.

Zulkifli menjelaskan pekerjaan pemeliharaan unit NPU ini merupakan pekerjaan yang rutin dilakukan. Selain pemeliharaan terhadap unit NPU, setiap tahun Kilang Pertamina Balongan juga melakukan pemeliharaan pada unit lain, seperti melakukan penggantian Katalis pada Unit ARHDM maupun Unit Propylene Olefins Complek (POC), dan melakukan pekerjaan perawatan lainnya.

Sementara, pemeliharaan skala besar atau Turn Around biasa dilakukan setiap lima tahun sekali. Selama proses pengerjaan, seluruh pekerja juga diwajibkan untuk melakukan pekerjaan dengan mengutamakan aspek keselamatan dan kesehatan kerja agar terhindar dari insiden dan fatality.

“Seluruh pekerja wajib menggunakan dengan APD yang lengkap sesuai dengan jenis pekerjaannya dan selalu memulai pekerjaan dengan melakukan cek kesehatan serta harus mengikuti peraturan memasuki kilang dengan benar,” pungkasnya.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini