Thursday, July 25, 2024
DaerahKini Tak Lagi Kuli Bangunan, Sopyah Terima Bantuan dari Kapolres Indramayu

Kini Tak Lagi Kuli Bangunan, Sopyah Terima Bantuan dari Kapolres Indramayu

Indramayu – Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar, menyerahkan gerobak dorong kepada Sopyah Supriatin (22), seorang gadis yang kisahnya viral di media sosial. Penyerahan dilakukan pada Rabu (5/6/2024) sore di Blok Bong, Kelurahan Lemahmekar, Kabupaten Indramayu.

Sopyah, yang akrab dipanggil Donang, tak kuasa menahan haru dan menangis saat menerima bantuan tersebut. Ia menyampaikan terima kasih kepada Kapolres Fahri dengan penuh rasa syukur. “Terima kasih Bapak Kapolres Fahri yang sudah memberikan gerobak es dengan peralatan yang lengkap ini. Besok saya akan mulai jualan,” ujar Sopyah.

Gerobak dorong ini akan digunakan oleh Sopyah untuk berjualan es teh sebagai upaya untuk menyambung hidup dan menghidupi dua adiknya, Samsul Ramadan (15) dan Juwita (11).

Kisah Sopyah yang menyamar menjadi laki-laki demi bekerja sebagai kuli bangunan telah menyedot perhatian masyarakat luas. Penyamarannya dilakukan agar dia bisa diterima bekerja dan mendapatkan penghasilan untuk mendukung keluarganya setelah ibunya meninggal setahun lalu akibat kanker payudara.

Kapolres Indramayu, AKBP M. Fahri Siregar, mengungkapkan kekagumannya terhadap perjuangan Sopyah.

“Sopyah perempuan, tapi dia berusaha merubah identitasnya menjadi laki-laki agar bisa bekerja sebagai buruh bangunan. Perjuangannya luar biasa,” kata Fahri.

Selain memberikan gerobak es teh beserta perlengkapannya, Kapolres juga memerintahkan jajarannya untuk membantu mencarikan lokasi strategis agar dagangan Sopyah laris.

“Semoga pemberian sumbangan gerobak es ini bisa memotivasi Sopyah untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari,” tambah Fahri.

Sopyah mengungkapkan bahwa setelah ibunya meninggal dan rumah orang tuanya dijual untuk biaya pengobatan, ia dan kedua adiknya harus tidur di atas kuburan. Pekerjaan sebagai kuli bangunan yang ia lakukan adalah demi mendapatkan uang untuk kebutuhan sehari-hari dan pendidikan adik-adiknya.

Bantuan ini merupakan bagian dari program sodakoh yang diinisiasi oleh Satuan Binmas Polres Indramayu. Kisah perjuangan Sopyah telah menggerakkan hati keluarga besar Polres Indramayu untuk turun tangan memberikan bantuan nyata.

Dengan gerobak dorong baru ini, Sopyah berharap dapat menjalankan usahanya dengan baik dan memberikan kehidupan yang lebih layak bagi adik-adiknya. Perjuangan Sopyah menjadi inspirasi bagi banyak orang dan menunjukkan betapa besar pengorbanan seorang kakak untuk keluarganya.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini