Friday, June 14, 2024
DaerahPemkab Indramayu Raih Opini WTP dari BPK Perwakilan Jawa Barat

Pemkab Indramayu Raih Opini WTP dari BPK Perwakilan Jawa Barat

Bandung – Pemerintah Kabupaten Indramayu kembali berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Indramayu tahun 2023.

Opini ini diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BPK RI Jawa Barat, Sudraminto Eko Putra, kepada Bupati Indramayu, Nina Agustina, dan Wakil Ketua DPRD Indramayu, Turah, dalam sebuah acara yang berlangsung di Gedung BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Rabu (22/5/2024).

Sudraminto menjelaskan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh Pemerintah Kabupaten Indramayu telah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Selain itu, laporan tersebut juga mencakup kecukupan informasi, efektivitas Sistem Pengendalian Intern, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Namun demikian, Sudraminto menekankan adanya beberapa permasalahan yang perlu segera ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah, salah satunya adalah potensi kegagalan investasi atas penyertaan modal pada BPR Karya Remaja dan BPR Indramayu Jabar.

BPK merekomendasikan agar pemerintah daerah menindaklanjuti rekomendasi ini dalam waktu 60 hari.

“BPK merekomendasikan kepada Sekretaris Daerah untuk lebih optimal dalam melaksanakan pengawasan atas penyelenggaraan pembinaan BUMD, khususnya dalam penyelesaian proses likuidasi BPR Karya Remaja dan strategi penyelamatan kelangsungan usaha BPR Indramayu Jabar,” ujar Sudraminto.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, dalam sambutannya menyatakan bahwa pencapaian opini WTP ini merupakan hasil kerja keras semua pihak yang tergabung dalam “super tim” di Pemkab Indramayu.

Nina memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam pengelolaan keuangan daerah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah.

“Apa yang kita capai sekarang adalah buah dari kerja baik, kerja nyata dari super tim kita. Hasil tidak menghianati proses,” tegas Nina.

Pada kesempatan tersebut, Nina juga menyampaikan terima kasih kepada Ketua BPK RI Perwakilan Jawa Barat, Sudraminto Eko Putra, Sekretaris Daerah, Kepala SKPD, ASN, dan semua pihak yang telah memberikan sumbangsih kerja dan pemikiran mereka.

Acara penyerahan opini WTP ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah, Inspektur, Kepala Bappeda Litbang, dan Kepala BKAD.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini