Thursday, May 23, 2024
DaerahPeringatan Hari Santri 2023 di Indramayu Dipusatkan di GOR Singalodra

Peringatan Hari Santri 2023 di Indramayu Dipusatkan di GOR Singalodra

Indramayu – Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 merupakan momentum penting bagi para santri dalam perjuangan untuk memajukan negeri. Hal ini mencerminkan upaya meningkatkan peran santri sebagai penjaga nilai-nilai agama dan ilmu pengetahuan yang menjadi pendorong kemajuan bangsa.

Pentingnya peringatan ini diungkapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Indramayu, Mohammad Mulyadi, yang membacakan pidato dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas, pada peringatan Hari Santri tingkat Kabupaten Indramayu yang berlangsung di GOR Singalodra, Kecamatan Sindang, pada Minggu (22/10/2023).

Menurut Mulyadi, tema “Jihad Santri Jayakan Negeri” dalam peringatan Hari Santri kali ini memiliki makna mendalam. Kata “jihad” dalam Islam tidak hanya mengacu pada pertempuran fisik, melainkan juga merujuk pada perjuangan holistik yang mencakup penguatan iman, pengembangan ilmu, dan perbaikan diri.

Sebagai santri, kewajiban kita tidak hanya memahami ajaran agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai dasar tindakan dan perilaku sehari-hari.

“Santri harus menjadi contoh yang luhur dalam masyarakat, menghormati nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan,” terang Mulyadi.

Menurutnya semangat juang para santri dalam mengamalkan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat pantas dicontohi.

Dia juga menambahkan, Hari Santri adalah saat yang tepat untuk merenungkan peran kita dalam mengukir kejayaan negeri ini. Sebagai generasi penerus, ia mengatakan harus terus belajar dan berusaha mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan pengetahuan umum.

Bupati Indramayu, Nina Agustina, berpendapat bahwa semangat juang santri dalam kehidupan sehari-hari patut diapresiasi. Perjuangan saat ini bukan hanya berupa perjuangan fisik, tetapi juga perjuangan melawan ketidaktahuan, ketidakadilan, kemiskinan, dan segala bentuk ketidaksetaraan.

“Ayo kita bersatu untuk memajukan negeri ini dengan membawa perubahan positif dan berkelanjutan. Di tengah tantangan dan perubahan yang kompleks di dunia saat ini, para santri memiliki peran penting dalam memelihara integritas nilai-nilai agama dan moral dalam masyarakat,” seru Nina.

Peringatan Hari Santri tingkat Kabupaten Indramayu dihadiri oleh berbagai pejabat, kepala daerah, pelajar, santri, serta undangan lainnya. Acara ini juga dimeriahkan oleh marching band dan paduan suara.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini