Monday, April 15, 2024
DaerahPuluhan Relawan Ikuti Camp Relawan dari Pertamina Balongan

Puluhan Relawan Ikuti Camp Relawan dari Pertamina Balongan

Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit VI Balongan melalui Fungsi HSSE mengadakan kegiatan Camp Relawan 2.0 Indramayu dengan tema “Sinergi Bersama Wujudkan Relawan Tangguh.” Acara berlangsung pada 24-25 Februari 2024 di Perumahan Bumi Patra Indramayu.

Kegiatan ini berhasil diselenggarakan berkat kerjasama antara RU VI Melalui Fungsi HSSE, Commrel & CSR, Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB), dan Patrapala RU VI. serta dukungan dari Basarnas, PMI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Indramayu, Damkar Indramayu, organisasi pecinta alam, dan relawan di wilayah Indramayu.

Acara dibuka dengan penyematan jaket relawan secara simbolis dan bantuan peralatan oleh Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI, Mohamad Zulkifli, yang mewakili General Manager RU VI, serta Officer CSR & SMEPP/Koordinator Bidang 6 SP-PBB, Andromedo Cahyono, yang mewakili Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB).

Mohamad Zulkifli menyatakan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian RU VI terhadap keselamatan masyarakat sekitar kilang dan di wilayah Indramayu.

“Bagi relawan, semoga melalui kegiatan ini dapat menjadi modal untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi serta silaturahmi relawan Indramayu,” ujar Zulkifli.

Ketua Umum SP-PBB, Andromedo Cahyono, berharap bahwa tujuan utama program ini, yaitu membentuk relawan tangguh yang siap menghadapi bencana khususnya di wilayah Indramayu, dapat terlaksana dengan sukses.

“SP-PBB sangat mendukung agenda perusahaan dalam menciptakan relawan tangguh di wilayah Indramayu,” kata Cahyono.

Sujana, salah satu relawan, mengungkapkan terima kasih atas perhatian RU VI terhadap relawan bencana atau keadaan darurat di wilayah Indramayu.

“Melalui kegiatan ini, kami bisa saling berbagi mengenai hal-hal yang berkaitan penyelamatan. Semoga kedepannya kegiatan Camp Relawan Indramayu terus berlanjut secara berkala dan memberikan peningkatan pengetahuan baru bagi relawan,” ujar Sujana.

Kegiatan Camp Relawan 2.0 diisi dengan berbagai materi, antara lain, Manajemen Pengurangan Risiko Bencana oleh Mily Mildawati dari Politeknik Kesejahteraan Sosial, Kebakaran Karhutla dan Semak Belukar oleh Dedi Supriyadi dari Damkar Indramayu di hari pertama.

Pada malam hari, kegiatan dilanjutkan dengan sharing session dari BPBD Indramayu, BASARNAS, Pembina Penggiat Alam, dan sesama relawan.

Keesokan harinya, acara ditutup dengan pemaparan materi tentang Peran Lingkungan dalam Pencegahan Bencana Banjir dan Kebakaran oleh Kabid Pencemaran Lingkungan DLH Jawa Barat.

Kemudian selanjutnya pelatihan First Aid oleh PMI Indramayu, dan praktek Alat Pemadam Api Ringan (APAR) oleh tim HSSE RU VI. Acara inti diakhiri dengan simulasi global penanganan bencana setelah para peserta mendapatkan materi teori dan pelatihan sebelumnya.

Kegiatan Camp Relawan 2.0 Indramayu merupakan bagian dari rangkaian peringatan Bulan K3 2024 di PT KPI Unit VI Balongan.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini