Saturday, July 20, 2024
DaerahRibuan Orang Ikuti Salat Iduladha 1445 H di Alun-alun Puspawangi Indramayu

Ribuan Orang Ikuti Salat Iduladha 1445 H di Alun-alun Puspawangi Indramayu

Indramayu – Ribuan orang mengikuti Salat Iduladha 1445 H di Alun-alun Puspawangi, pada Senin (17/6/2024), yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu.

Salat Iduladha ini menghadirkan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Dr. K.H. Adib, M.Ag., selaku khatib, serta Ketua PCNU Kabupaten Indramayu, K.H. Mustofa, selaku imam salat.

Dalam khutbahnya, Dr. K.H. Adib, M.Ag. menyampaikan berbagai pesan penting seputar Iduladha. Menurutnya ada dua hal yang menjadi fokus dalam hari besar umat Islam ini, yakni tentang ibadah qurban dan ibadah haji.

Adib menjelaskan bahwa bangsa ini perlu banyak bersyukur atas segala nikmat yang dianugerahkan pada negeri ini. Dan lewat momentum iduladha ini, ia mengajak jamaah salat untuk mengambil hikmah dari dua ibadah yang menjadi fokus dalam iduladha, yakni ibadah qurban dan ibadah haji.

Ibadah haji dan qurban, katanya, merupakan barometer keimanan dan ketakqwaan umat Islam pada Allah SWT. Sebab dua ibadah ini merupakan ibadah yang menuntut keikhlasan yang tinggi, karena dalam melaksanakannya tak hanya tekad, tapi juga finansial yang cukup.

“Kedua ibadah ini juga bukan hanya ibadah dengan dimensi vertikal, hamba dengan Allah SWT saja, namun juga dimensi sosial,” ungkap Adib.

Menurutnya banyak dijumpai orang dengan harta yang melimpah namun masih belum melaksanakan dua ibadah ini. Namun sebaliknya, ada yang miskin harta namun mampu melaksanakannya.

Adib menyimpulkan ada tiga pesan penting yang bisa diambil hikmahnya dalam pelaksanaa ibadah qurban, yakni berbagi kepada sesama, pendidikan karakter, serta pendidikan jiwa yang luar biasa.

“Dalam ibadah qurban kita dituntut untuk berbagi kepada sesama, yakni membagikan daging qurban,” jelas Adib.

Dalam pembagian daging qurban, menurutnya, ada banyak dimensi sosial yang terkandung didalamnya. Misalnya daging qurban yang mengandung banyak protein bisa turut serta dalam menurunkan angka stunting.

Sementara itu, menurutnya, ibadah haji juga memiliki dimensi sosial yang luas. Beberapa diantaranya yakni ibadah haji mengajarkan manusia untuk bersatu, menghormati manusia lainnya, serta mengajarkan persamaan hak dan kewajiban.

Dalam Salat Iduladha 1445 H di Alun-alun Puspawangi ini, hadir Bupati Indramayu Nina Agustina beserta Forkopimda Indramayu, Anggota DPR RI Ono Surono, Wakil Ketua DPRD Indramayu Sirojudin, serta para pimpinan perangkat daerah.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini