Thursday, April 18, 2024
HiburanSinopsis dan Ulasan Suzzanna Malam Jumat Kliwon

Sinopsis dan Ulasan Suzzanna Malam Jumat Kliwon

Reformasi.co.id – Suzzanna merupakan sosok legendaris di dunia perfilman Indonesia, terutama genre horor dan mistis.

Berbagai film horor yang mengetengahkan hantu-hantu lokal Indonesia, selalu sukses dan banjir penonton.

Bahkan sampai saat ini, meski perempuan yang bernama lengkap Suzzanna Martha Frederika van Osch telah tiada, namanya selalu dikenang dan film-filmnya selalu diputar di televisi.

Mengambil nama Suzzanna yang lekat dengan film misteri, PT Soraya Intercine Film akhirnya membuat film Suzzanna Malam Jumat Kliwon yang tayang perdana pada 3 Agustus 2023 kemarin.

Seperti apa film Suzzanna Malam Jumat Kliwon?

Sinopsis

Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon berlatar tahun 1980-an yang menceritakan seorang gadis desa bernama Suzzanna. Ia memiliki pasangan seorang petarung bernama Surya.

Suatu hari, Surya berhasil memenangkan seekor kambing dan akan dipakai sebagai mas kawin untuk menikah dengan Suzzanna.

Sayangnya, hubungan mereka berdua kandas. Karena Suzzanna harus menikah dengan Raden Aryo, seorang juragan di daerah mereka.

Pernikahan tersebut merupakan keterpaksaan, karena orangtua Suzzanna memiliki hutang kepada Raden Aryo yang sulit dilunasi.

Bahkan Suzzanna harus rela jadi yang kedua, karena Raden Aryo sudah memiliki istri bernama Minati. Pernikahan Raden Aryo dengan Minati belum dikaruniai anak, sehingga berharap Suzzanna bisa memberikan keturunan.

Pernikahan Raden Aryo dan Suzzanna ini tentu membuat Minati cemburu. Apalagi Suzzanna kemudian mengandung anak dari Raden Aryo.

Minati bertambah cemburu karena kehamilan tersebut. Sehingga ia pun gelap mata dan memakai santet untuk menyingkirkan Suzzanna.

Santet tersebut berhasil membuat Suzzanna muntah rambut dan tidur dipenuhi ular. Bahkan puncak santetnya terjadi saat Suzzanna hamil besar.

Saat Suzzanna hamil besar dan jelang persalinan, Minati meminta dukun kepercayaannya untuk menyantet Suzzanna. Hal ini mengakibatkan Suzzanna meninggal dunia. Untunglah anaknya berjenis kelamin perempuan terlahir selamat.

Kematian Suzzanna ini persis terjadi pada malam Jumat kliwon.

Surya yang mendengar kabar kematian Suzzanna kemudian berusaha membuat perempuan yang dicintainya hidup kembali. Ia pun membongkar kuburan Suzzanna, dan tentu yang bangkit bukanlah Suzzanna sebagaimana kondisi normal.

Kebangkitan Suzzanna tersebut menjadi hantu yang kerap disebut dengan Sundel Bolong. Hantu ini kemudian membuat heboh warga kampung karena berupaya mencari putrinya.

Ulasan

Film Suzzanna Malam Jumat Kliwon ini berhasil membuat bulu kuduk merinding. Luna Maya berhasil mengembalikan aura Suzzanna lewat film ini.

Upaya Luna Maya dan sutradara Guntur Soeharjanto memang patut diacungi jempol untuk membawa Suzzanna hadir kembali dalam film ini.

Aura mistis, horor, jump scare, dan nuansa nostalgia pada era 1980-an lumayan berhasil diterapkan dalam Suzzanna Malam Jumat Kliwon ini.

Bahkan seperti film-film Suzzanna yang terdahulu, film ini tetap menghadirkan sisipan humor yang segar dan ikonik.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini