Sunday, May 19, 2024
Wisata6 Kuliner Indramayu yang Tak Boleh Anda Lewatkan

6 Kuliner Indramayu yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Reformasi.co.id – Jalan-jalan ke Indramayu tanpa mencicipi kulinernya? Pasti Anda akan sangat menyesal. Padahal ada begitu banyak pilihan kuliner enak di Indramayu yang mudah didapatkan. Bagi para pelancong dari Jakarta dan sekitarnya, kuliner di Indramayu pasti cocok dengan selera lidah Anda. Kuliner yang dimaksud juga bukan hanya mangga Indramayu yang terkenal itu loh.

Walaupun Indramayu terletak di pesisir utara Jawa dan lokasinya dekat pantai bukan berarti semua makanannya menggunakan bahan ikan. Ada juga kuliner berbahan sayur bahkan entog yang tak boleh dilewatkan. Selain itu ada banyak tempat makan di Indramayu yang menyediakan menu-menu sederhana dengan harga pas di kantong.

Ciri khas dari makanan khas Indramayu adalah rasanya yang gurih dan juga beberapa ada yang pedas. Rasanya sama sekali tidak terlalu manis seperti makanan-makanan khas Jawa Tengah. Apa saja itu? Simak beberapa pilihannya berikut ini:

Nasi Lengko

Kuliner pertama yang wajib coba adalah nasi lengko. Hidangan ini berisi nasi putih dengan topping seperti tempe dan tahu goreng, tauge, irisan mentimun, dan taburan bawang goreng. Yang membuat hidangan ini semakin lezat adalah siraman kuah kacang gurih. Ada juga pelengkap nasi lengko yang penting seperti kerupuk udang, oncom dan juga sate. Tempat yang menyediakan nasi lengko paling enak ada di warung Ma Tiri, lokasinya di Jalan Veteran Indramayu

Burbacek

Kuliner ini adalah singkatan dari bubur rumah dan cecek. Yang dimaksud dengan cecek adalah kukul sapi yang telah dimasak dengan bahan parutan kelapa serta cabai merah dan bumbu lain. Bubur kemudian disiram dengan masakan kikil dan juga ditambah dengan tauge dan sawi rebus. Para pecinta kikil tentu tak boleh melewatkan kuliner enak di Indramayu ini.

Pedesan Entog

Para pecinta masakan pedas ketika bertandang ke Indramayu juga tak boleh melewatkan menu yang satu ini. Pedesan entog adalah kuliner enak yang dimasak bersama dengan bumbu rempah. Makanan ini juga banyak ditemukan di sepanjang Jalur Pantura yang melintasi Indramayu.

Pindang Manyung

Pindang manyung merupakan gulai ikan yang terbuat dari kepala ikan manyung. Kuliner ini termasuk kategori seafood yang tentu saja harus siap dengan amisnya ikan. Tapi tenang, dengan racikan yang pas, Anda bakal ketagihan dengan kuliner yang satu ini.

Rumbah

Jika Anda penyuka pedas sekaligus penyuka sayuran, maka rumbah merupakan kuliner yang pas. Taburan sambal kacang pedas diatas kangkung, tauge, mentimun rebus, dan lontong jika ingin kenyang, merupakan paduan khas yang bakal membuat penyuka pedas kegirangan.

Karedok

Nyaris sama dengan rumbah, namun ada racikan kencur dan sayuran mentah yang membuat karedok sedikit berbeda dengan saudaranya itu. Disajikan dengan kuliner apapun, karedok akan menambah selera makan Anda.

Semua kuliner enak di Indramayu tentu akan sangat mengenyangkan selain itu juga pasti membuat ketagihan.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

PenulisFaridah

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini