Sunday, May 19, 2024
OlahragaAbbosbek Fayzullaev, Gelandang Serang Uzbekistan yang Wajib Diwaspadai Garuda Muda

Abbosbek Fayzullaev, Gelandang Serang Uzbekistan yang Wajib Diwaspadai Garuda Muda

Doha – Pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024 antara Timnas Indonesia U-23 dan Uzbekistan semakin mendekati. Salah satu perbincangan menarik menjelang pertandingan ini adalah tentang pemain Uzbekistan, Abbosbek Fayzullaev.

Abbosbek Fayzullaev yang menjadi sorotan karena statusnya sebagai pemain termahal di antara pemain yang berlaga dalam turnamen tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, termasuk Transfermarkt, nilai pasar Abbosbek Fayzullaev saat ini mencapai Rp86,91 miliar. Angka tersebut memang cukup mengesankan, terutama jika dibandingkan dengan total nilai pasar skuad Timnas Indonesia U-23 yang hanya mencapai Rp83,34 miliar.

Hal ini menandakan bahwa Fayzullaev memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan seluruh skuad Indonesia.

Selain dari segi nilai pasar yang mencolok, Abbosbek Fayzullaev juga dikenal karena kualitasnya yang patut diwaspadai. Pemain berusia 20 tahun ini sering dijuluki sebagai ‘wonderkid Uzbekistan’, menunjukkan potensi besar yang dimilikinya di lapangan hijau.

Abbosbek Fayzullaev lahir pada 3 Oktober 2003 di Sirdaryo, Uzbekistan. Saat ini, ia merupakan bagian dari klub papan atas Liga Rusia, CSKA Moscow.

Perjalanan profesionalnya dimulai saat ia bergabung dengan klub Uzbekistan, Pakhtakor, pada 1 Januari 2023. Setelah dua tahun berselang, ia kemudian direkrut oleh CSKA Moscow dengan biaya transfer mencapai Rp8,69 miliar.

Bakat yang dimiliki oleh Abbosbek Fayzullaev membuatnya menjadi salah satu langganan timnas Uzbekistan di berbagai kelompok usia, termasuk timnas U-23. Bahkan, Fayzullaev telah berhasil masuk ke dalam skuad timnas senior sejak awal 2023, meskipun usianya baru menginjak 20 tahun.

Performa gemilang yang ditunjukkan oleh Abbosbek Fayzullaev juga telah diakui di tingkat internasional. Pada Piala Asia U-20 2023, ia berhasil meraih gelar pemain terbaik setelah membantu Uzbekistan keluar sebagai juara. Selain itu, pada tahun sebelumnya, Fayzullaev dan timnya berhasil menjadi runner-up di Piala Asia U-23.

Dengan masa depan yang cerah di CSKA Moscow dan kontribusinya yang konsisten bagi timnas Uzbekistan, Abbosbek Fayzullaev layak mendapatkan perhatian khusus dari lawan-lawannya.

Namun demikian, Timnas Indonesia U-23 di bawah pimpinan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tetap memiliki harapan besar untuk mengalahkan Uzbekistan dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 2024.

Kemenangan dalam pertandingan tersebut tidak hanya akan membawa mereka ke final turnamen ini, tetapi juga akan membawa satu tiket langsung menuju Olimpiade 2024 di Paris.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini