Sunday, May 19, 2024
OtomotifBaojun Yep Plus, SUV Listrik Harga Terjangkau dari China

Baojun Yep Plus, SUV Listrik Harga Terjangkau dari China

Beijing – Baojun, merek yang tergabung dalam perusahaan patungan SAIC-GM-Wuling, baru-baru ini mengumumkan peluncuran SUV listrik bernama Yep Plus di China. Mobil listrik ini menampilkan desain yang terinspirasi dari Suzuki Jimny 5 pintu, namun dengan sentuhan modern.

Yep Plus ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau, mulai dari 93.800 yuan atau sekitar Rp209,6 juta untuk varian dasarnya, hingga 103.800 yuan atau sekitar Rp232 juta untuk varian tertingginya.

Harga kendaraan listrik di China memang terjangkau karena mendapat insentif pajak dari pemerintahnya. Di Indonesia, dengan harga tersebut, mungkin hanya bisa mendapatkan kendaraan kelas city car atau LCGC.

Meskipun demikian, Baojun Yep Plus diposisikan sebagai SUV listrik kecil murni dengan mengusung arsitektur Tianyu. Mobil ini memiliki dimensi 3.996 mm x 1.760 mm x 1.726 mm (P x L x T) dengan jarak sumbu roda sepanjang 2.560 mm. Ground clearance-nya mencapai 150 mm, dengan radius putar sekitar 5,35 m, dan berat total 1.325 kg.

Untuk performa berkendara, Yep Plus menggunakan dinamo penggerak tunggal yang ditempatkan di bagian depan (FWD). Tenaganya mencapai 75 kW (PS) dengan torsi puncak 180 Nm.

Tenaga berasal dari baterai lithium iron phosphate berkapasitas 41,9 kWh, yang disuplai oleh Guoxuan High-Tech. Menurut Baojun, mobil ini dapat mencapai kecepatan tertinggi hingga 150 km/jam dengan daya jangkauan sekitar 401 km menurut standar CLTC (China’s Local Technical Conditions).

Mobil ini cocok untuk penggunaan perkotaan dan aktivitas berselancar. Pengisian daya cepat (DC fast charging) dan pengisian lambat (slow charging) tersedia. Pengisian cepat membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk mengisi baterai dari 30% hingga 80%.

Baojun Yep Plus dilengkapi dengan empat mode berkendara: economy+, economy, standard, dan sports, untuk memenuhi preferensi pengemudi. Desainnya melanjutkan gaya Baojun Yep sebelumnya dengan bahasa desain Square Box+ dan lima pintu.

Bagian depan mobil ini menampilkan desain tanpa rongga udara, dengan panel hitam dan lampu depan LED di kedua sisi, mirip dengan Suzuki Jimny. Fender dan pelek dilapisi dengan warna gelap untuk menambah kesan garang.

Fitur lainnya meliputi suspended roof, roof rail box, pelek palang lima 16 inci, dan lampu belakang bulat bergaya retro. Desain kotak eksternal di bagian belakang digantikan dengan logo Baojun di tengah. Pintu belakang masih membuka ke samping.

Di dalam, kokpit Yep Plus menampilkan roda kemudi palang tiga, panel instrumen LCD 8,8 inci, dan layar head unit mengambang 10,1 inci. Konsol tengah dilengkapi dengan tempat cangkir dan pengisi daya nirkabel untuk ponsel.

Sebagai model Plus, mobil ini menawarkan 28 ruang penyimpanan di seluruh interiornya. Bagasi memiliki kapasitas penyimpanan standar sebesar 385 liter, yang dapat diperluas hingga 1.715 liter setelah jok belakang dilipat.

Dengan ruang kepala depan 1.043 mm, ruang kepala belakang 1.061 mm, ruang kaki depan 913 mm, dan ruang kaki belakang 870 mm, Yep Plus menawarkan ruang yang lapang bagi penumpangnya.

Kehadiran Baojun Yep Plus di Indonesia masih belum pasti. Saat ini, merek ini telah memperkenalkan Cloud EV di pasar Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan mereka akan memperluas jangkauannya dengan memperkenalkan Yep Plus di masa mendatang.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini