Saturday, July 20, 2024
EkonomiBentuk ERUMORGASPOL, Pertamina RU VI Tingkatkan HSSE

Bentuk ERUMORGASPOL, Pertamina RU VI Tingkatkan HSSE

Indramayu – Sebagai perusahaan yang beroperasi dalam bisnis minyak dan gas dari sektor hulu hingga hilir, Pertamina dikategorikan sebagai perusahaan dengan risiko tinggi. Proses bisnisnya mengandung berbagai risiko, terutama potensi terjadinya insiden besar.

Untuk meningkatkan aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), Pertamina berupaya melakukan berbagai langkah sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak. Salah satu inisiatif yang dilakukan adalah pembentukan forum ERUMORGASPOL.

ERUMORGASPOL merupakan akronim dari Eksplorasi (EP, PHE ONWJ, PHE OSES) – Refinery Unit VI – Marketing Operation Region Jawa Bagian Barat – Pertamina Gas – Polytama.

Forum ERUMORGASPOL dilaksanakan secara rutin, dan kali ini diadakan di Mason Pine Padalarang dengan Kilang Balongan sebagai tuan rumah.

Dalam kegiatan tersebut, SPV HSSE Pertamina, Lelin Eprianto, menyatakan bahwa Pertamina memiliki sumber daya HSSE yang tersedia di unit operasi dan subholding untuk menangani berbagai risiko.

“Sinergi antar unit operasi Pertamina lintas Subholding melalui forum ERUMORGASPOL bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan HSSE,” ujar Lelin, dikutip pada Rabu (26/6/2024).

Lelin juga menjelaskan bahwa selain penanganan keadaan darurat, banyak potensi sinergi aspek HSSE lainnya yang dapat dilakukan, seperti pengamanan fisik dan non fisik, kegiatan bersama, pengendalian B3, serta peninjauan lingkungan.

“Semoga melalui sinergi ini, kegiatan eksplorasi, produksi, dan distribusi dapat berlangsung dengan lancar,” tutupnya.

General Manager RU VI, Sugeng Firmanto, menambahkan bahwa sinergi Unit Bisnis Pertamina di wilayah Ciayumajakuning Jawa Barat awalnya dibentuk sebagai wadah koordinasi terkait pengaturan arus minyak. Seiring waktu, semakin banyak inisiatif sinergi yang muncul.

“Salah satu inisiatif yang paling sukses dari forum ERUMORGASPOL adalah sinergi aspek HSSE dengan adanya MoU Penanggulangan Keadaan Darurat sejak 2020,” kata Sugeng.

“Kami telah merasakan langsung manfaat dari inisiatif tersebut dan sangat mendukung pengembangan sinergi aspek HSSE lebih lanjut,” lanjutnya.

Sugeng berharap tujuan bersama dari kegiatan ini dapat tercapai dan memberikan manfaat bagi seluruh unit bisnis Pertamina, masyarakat, dan negara.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini