Thursday, July 25, 2024
DaerahBupati Nina Sampaikan Urgensi Transformasi Media Konvensional

Bupati Nina Sampaikan Urgensi Transformasi Media Konvensional

Indramayu – Bupati Indramayu, Nina Agustina, menegaskan pentingnya transformasi media konvensional mengikuti perkembangan media digital.

Pada pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kabupaten Indramayu, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar, menyampaikan bahwa perubahan mutu sumber daya manusia, manajemen, dan sarana prasarana menjadi hal mutlak yang harus segera dilakukan.

“Pemerintah Kabupaten Indramayu terus berupaya beradaptasi dengan perkembangan teknologi informatika, khususnya dalam menjalankan fungsi media konvensional. Pembenahan mutu sumber daya manusia, manajemen, dan sarana prasarana kekinian harus dilakukan agar tidak tertinggal di era digital ini,” ujar Dadang Oce Iskandar.

Dalam konteks kerja jurnalistik, Dadang menyoroti perlunya pengaturan kerja fleksibel sebagai respons terhadap tuntutan perkembangan teknologi informasi.

“Di era platform digital saat ini, media konvensional harus berbenah diri agar tidak tertinggal. Oleh karena itu, pembenahan mutu sumber daya manusia, manajemen, dan sarana prasarana kekinian mutlak harus segera dilakukan,” tambahnya.

Dadang menekankan bahwa peran pers sangat penting sebagai pilar daerah dalam pembangunan dan penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Pers harus memberikan informasi yang baik, mendidik, dan menjalankan fungsi kontrol sosial terhadap roda pemerintahan dengan berita yang update dan berimbang.

“Pers harus tetap menjadi salah satu pilar penjaga demokrasi dan menjadi pemicu kemajuan bangsa, serta berkontribusi bagi pembangunan di Kabupaten Indramayu menuju Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur, dan Hebat),” tegas Dadang.

Hilman Hidayat, Ketua PWI Jawa Barat, menyampaikan bahwa anggota PWI harus menjalankan tugasnya dengan baik dan menjadi jurnalis berkualitas dengan mengikuti kode etik jurnalistik.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PWI Kabupaten Indramayu terpilih periode 2023-2026, Dedy Musashi, menyampaikan terima kasih atas dukungan mitra PWI untuk peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan Hari Ulang Tahun (HUT) PWI Kabupaten Indramayu.

Pada agenda tersebut, dilakukan pelantikan pengurus PWI dan IKWI Kabupaten Indramayu masa bakti 2023-2026. Selain itu, dilakukan penganugerahan PWI Indramayu Award tahun 2024 dengan tema “Pemimpin dan Kepemimpinan Terbaik Tahun 2024”.

Bupati Nina Agustina juga mendapatkan penghargaan kategori “Best Leader Of The Year Tahun 2024” melalui Plt. Kadis Diskominfo, Dadang Oce Iskandar.

Tidak hanya itu, dilakukan juga peluncuran program “Sejahtera Jual Beli Online (Sejoli)” lewat IKWI Shop, di mana IKWI Kabupaten Indramayu menjadi pelopor dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Langkah-langkah inovatif seperti ini diharapkan dapat memperkuat peran media konvensional dalam menghadapi tantangan era digital.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini