DaerahKader Banteng di Indramayu Ikuti Sosialisasi Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila

Kader Banteng di Indramayu Ikuti Sosialisasi Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila

Indramayu – Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono, ST, telah menggelar sebuah sosialisasi mengenai penguatan sistem Demokrasi Pancasila di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Selasa (17/10/2023).

Acara ini diadakan sebagai bagian dari inisiatif untuk memperkuat pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai Pancasila dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan ini, Ono Surono, yang juga menjabat sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, menjelaskan bahwa Demokrasi Pancasila merupakan sistem pemerintahan yang berlandaskan pada proses musyawarah dan perwakilan.

Sistem ini diarahkan oleh kebijakan yang didasarkan pada ketuhanan dan kemanusiaan yang adil dan beradab.

“Demokrasi Pancasila merupakan sistem pemerintahan yang menyatukan Indonesia dan bertujuan untuk mencapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia,” jelas Ono Surono.

Ia menekankan bahwa setiap keputusan dalam sistem ini diambil melalui cara musyawarah, dengan menghargai hak asasi manusia (HAM), serta mendahulukan kepentingan rakyat tanpa menggunakan sistem partai tunggal.

Sistem demokrasi Pancasila dianggap sebagai bentuk yang tepat untuk diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang melibatkan kedaulatan rakyat, keberagaman, toleransi, dan partisipasi aktif masyarakat.

Ono Surono menambahkan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik mengenai konsep Demokrasi Pancasila kepada generasi muda.

Ono Surono Sosialisasikan Penguatan Sistem Demokrasi Pancasila di Indramayu
Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Ono Surono, ST, telah menggelar sebuah sosialisasi mengenai penguatan sistem Demokrasi Pancasila di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pada Selasa (17 Oktober 2023). (Foto: Istimewa)

Hal ini dianggap penting sebagai upaya memperkuat kesadaran berbangsa dan bernegara serta mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Ini penting bagi generasi muda sebagai tonggak penerus bangsa,” tegas Ono Surono.

Acara ini juga merupakan bagian dari usaha Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI untuk memasyarakatkan Empat Pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Melalui sosialisasi ini, diharapkan masyarakat, terutama generasi muda, akan memahami dan dapat mengimplementasikan konsep Demokrasi Pancasila dalam pelaksanaan pemerintahan daerah serta kehidupan masyarakat umum.

Ono Surono mengajak semua pihak untuk menjaga dan mempertahankan sistem demokrasi Pancasila sebagai bentuk upaya dalam membangun bangsa dan negara.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini