Sunday, May 19, 2024
DaerahBKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan Gelar Bimtek Pemenuhan Persyaratan Ekspor

BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan Gelar Bimtek Pemenuhan Persyaratan Ekspor

Cirebon – Guna meningkatan layanan kepada masyarakat dalam memberikan jaminan kualitas dan keamanan hasil perikanan serta sistem ketertelusuran, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar Bimbingan Teknis Pemenuhan Persyaratan Ekspor.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Selasa (17/10/2023), yang dihadiri langsung Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono ST, Wali Kota Cirebon yang di wakili Drs. Sutikno, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, R. Rudi Barmara, S.Pi, MP., Kepala Stasiun KIPM Cirebon, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Cirebon. Hadir juga Perwakilan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Cirebon.

Dalam sambutannya, Rudi Barmara mengungkapkan, Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dalam menjalankan tugas dan fungsinya bertanggungjawab membangun kesadaran dan pemahaman masyarakat akan pentingnya perkarantinaan ikan, pengendalian mutu dan keamanan hasil perikanan serta keamanan hayati ikan.

Dijelaskan Rudi, Bimbingan Teknis (Bimtek) pemenuhan persyaratan ekspor merupakan rangkaian dari bulan mutu karantina.

Diharapkan kegiatan bimtek ini dapat memberikan nilai lebih bagi kesejahteraan masyarakat khususnya para nelayan, pengolah dan pemasar (eksportir dan domestik) khususnya ikan atau produk perikanan yang ditangkap, diolah untuk selanjutnya dipasarkan domestik ataupun ekspor harus memenuhi standar mutu.

“Adapun kegiatan tujuan tersebut, untuk mensosialisasikan pentingnya penyelenggaraan karantina ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan kepada masyarakat,” jelasnya

Kemudian, lanjut Rudi, kami mengedukasi pentingnya ikan sehat dan bermutu bagi masyarakat. Lalu, sosialisasi pemahaman prosedur ekspor komoditas hasil perikanan yang akan memberikan nilai tambah dan berdaya saing.

Pihaknya berharap, output dari kegiatan tersebut yaitu peningkatan layanan kepada masyarakat dalam memberikan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan serta sistem ketertelusuran.

“Peningkatan pemahaman produk komoditas hasil perikanan, peningkatan nilai jual produk hasil perikanan yang berdaya saing, tetap berputarnya roda perekonomian pelaku usaha perikanan, pembudidaya serta supplier bidang perikanan karena produk mereka dapat memasarkan baik lokal maupun internasional,” pungkasnya

Sementara, Ono Surono menambahkan, sebagai Anggota Komisi IV DPR RI, kegiatan Bimtek menjadi salah satu strategi program aksi dukungan Pemerintah bersama Komisi IV kepada masyarakat di sektor perikanan dalam upaya menambah pengetahuan akan pentingnya menjaga mutu, kualitas dan srtandar produk perikanan, baik itu ikan segar maupun ikan olahan, dengan harapan mampu bersaing dipasar Ekspor yang sesuai standard.

“Semoga kegiatan hari ini, dapat memberian manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat pelaku perikanan dalam upaya mendapatkan informasi akan produk ikan yang bermutu tinggi bagi masyarakat,” tandasnya

WhatsApp Image 2023 10 20 at 11.37.53

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini