Monday, April 15, 2024
PolitikPDIP Jawara di Cirebon, Raih 13 Kursi DPRD

PDIP Jawara di Cirebon, Raih 13 Kursi DPRD

Cirebon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara untuk Pemilu 2024.

Proses tersebut berlangsung mulai 27 Februari 2024 hingga 2 Maret 2023, dengan pusat kegiatan di ballroom Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC), Kecamatan Sumber.

Tahun ini, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Cirebon meraih kemenangan besar dengan memperoleh 13 kursi dari total 50 kursi yang diperebutkan.

Prestasi ini menandai kebangkitan PDIP setelah sempat tergeser oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada periode sebelumnya (2019-2024).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Rudiana, mengungkapkan bahwa total perolehan suara untuk PDIP Kabupaten Cirebon mencapai sekitar 129.132 suara.

Meskipun belum ada ketetapan resmi dari KPU, secara realistis PDIP Kabupaten Cirebon memperoleh 13 kursi untuk menduduki parlemen Kabupaten Cirebon.

“Alhamdulillah, PDIP Kabupaten Cirebon kembali menjadi pemenang pemilu. Ini hasil dari kerjasama dan dukungan semua pihak, membuktikan bahwa mesin partai bekerja secara maksimal,” kata Rudiana dalam keterangannya pada Senin (4/3/2024).

Rudiana juga memberikan perkiraan distribusi kursi untuk partai politik lainnya. PKB diperkirakan memperoleh 9 kursi, sementara Gerindra dan Golkar diharapkan masing-masing memperoleh 7 kursi.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diperkirakan akan mendapatkan 6 kursi, sedangkan Nasdem dan Demokrat diprediksi masing-masing memperoleh 4 kursi.

“Estimasi ini didasarkan pada hasil penetapan rekapitulasi dari KPU. Kita wajar menghitung angka-angka untuk kursi di DPRD Kabupaten Cirebon. Untuk hasil yang pasti, kita tunggu keputusan resmi dari KPU,” ungkap Rudiana.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini