Sunday, May 19, 2024
DaerahPeringati Hari Lingkungan Hidup, Pertamina Balongan Bersih-Bersih Pantai

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Pertamina Balongan Bersih-Bersih Pantai

Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan bersama PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Balongan (ITB) dan PT Kilang Pertamina Internasional Project Balongan berhasil mengumpulkan sampah dengan total lebih dari 1 ton pada kegiatan Coastal Clean Up di Pantai Tirta Ayu, Desa Balongan, Sabtu (10/6).

Kegiatan bersih pantai yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2023 dengan mengangkat tema “Solusi Untuk Sampah Plastik” ini turut dihadiri oleh pejabat Pertamina yang berada di wilayah Indramayu

Kegiatan ini melibatkan 323 orang yang berhasil mengumpulkan total 1099 kg sampah yang terdiri atas sampah organik dengan berat 967 kg, dan sampah an-organik seberat 132 kg.

Pjs General Manager PT KPI RU VI Balongan Wahyu Sulistyo Wibowo mengatakan, kegiatan bersih-bersih Pantai ini merupakan event dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup tahun 2023.

Wahyu menambahkan Hari Lingkungan Hidup merupakan momentum Pertamina Group Wilayah Balongan bersama stakeholder dan lapisan masyarakat untuk bersama-sama melakukan aksi nyata dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

“Ada jenis sampah plastik yang butuh ratusan tahun baru bisa terurai, maka sudah seharusnya kita memahami prinsip pengolahan sampah yakni Reduce, Reuse dan Recycle (3R) agar tidak mencemari lingkungan”, kata Wahyu.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR RU VI Balongan Mohamad Zulkifli mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai ini juga turut berkolaborasi dengan pihak eksternal.

Adapun yang hadir diantaranya Forum Koordinasi Potensi Pencarian dan Pertolongan Daerah (FKP3D), Forkopimda dan Forkopimcam Indramayu. Turut hadir pula Camat Balongan, Kuwu Balongan, dan Kapolsek Balongan dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, lanjut Zul, Siswa Sekolah Dasar, hingga warga sekitar juga turut serta pada program bersih-bersih pantai tersebut.

“Kegiatan ini turut memberdayakan masyarakat lokal, kita bekerja sama dengan pemilik warung-warung di sekitar pantai untuk menyediakan makanan dan minuman bagi peserta,” terang Zulkifli.

Dari sisi internal RU VI, kegiatan ini turut didukung oleh Serikat Pekerja – Pertamina Balongan Bersatu (SP-PBB), Patra Bike Comunity (PBC) RU VI dan Patrapala RU VI.

Terkait sampah yang dikumpulkan, Zulkifli menerangkan bahwa sebagian sampah an-organik yang masih bisa diolah akan dimanfaatkan oleh kelompok Wiralodra (Mitra Binaan CSR Pertamina RU VI) untuk dijadikan kerajinan olahan sampah seperti plakat.

Sedangkan sampah an-organik yang kondisinya sudah sulit diolah bersama sampah organik lainnya diangkut ke Tempat Pembangan Akhir (TPA) Pecuk menggunakan Truk Sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan oleh masyarakat, bukan hanya hari ini saja demi menjaga kelestarian lingkungan,” papar Zulkifli.

Kegiatan yang bertujuan menciptakan lingkungan yan bersih dan asri ini jga turut mendapat apresiasi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Yus Rusmadi yang hadir mewakili Pemerintah Kabupaten Indramayu.

Rusmadi juga mengatakan kegiatan seperti ini sudah seharusnya menjadi tanggung jawab seluruh orang agar lingkungan sekitar tetap terjaga kebersihannya sehingga turut berdampak pada kesehatan, maupun keindahan alam lingkungan.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini