DaerahPertamina Balongan Gelar Bulan K3, Ingatkan Kembali Pentingnya Keselamatan Kerja

Pertamina Balongan Gelar Bulan K3, Ingatkan Kembali Pentingnya Keselamatan Kerja

Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menyelenggarakan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), yang biasanya dirayakan setiap tanggal 12 Januari hingga 12 Februari.

Tahun ini, peringatan tersebut baru dimulai di awal Februari, seiring dengan penyelesaian agenda perawatan Kilang Balongan.

Upacara pembukaan peringatan Bulan K3 diadakan di Rooftop Gedung Administrasi RU VI, ditandai dengan penyerahan bendera patakan K3 oleh Sugeng Firmanto, General Manager PT KPI RU VI Balongan, kepada Indra Cahyadi Kurniawan, Ketua Panitia Bulan K3 RU VI.

Acara ini juga diisi dengan penekanan sirine yang dilakukan bersama-sama oleh manajemen dan perwakilan Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB).

Dalam sambutannya, Sugeng Firmanto menekankan pentingnya keselamatan kerja, mengingat semua pekerja di Pertamina RU VI adalah aset berharga yang harus dilindungi dari kecelakaan kerja.

“Bulan K3 ini merupakan kesempatan untuk mengingatkan kembali tentang pentingnya aspek HSSE (Health, Safety, Security, and Environment),” ujar Sugeng, pada Senin (12/2/2024).

Sugeng juga menyampaikan bahwa operasional Kilang Balongan, yang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan BBM Nasional, harus didukung dengan sistem HSSE yang unggul.

“Mari kita jadikan Bulan K3 ini sebagai momentum untuk mencapai target perusahaan yang sejalan dengan moto PT KPI, yaitu Safety dan Profit,” tegasnya.

Selanjutnya, Sugeng mengajak semua pekerja, termasuk mitra kerja dan kontraktor, untuk mematuhi aspek keselamatan selama berada di lingkungan Kilang Pertamina Balongan.

Sementara itu, Indra Cahyadi Kurniawan menyampaikan bahwa berbagai kegiatan akan dilaksanakan selama peringatan Bulan K3, dari tanggal 7 Februari hingga 8 Maret 2024, termasuk Safety Campaign, Camp Relawan, seminar kesehatan, lomba poster dan video K3, jalan santai, dan lain-lain.

“Kami berharap peringatan Bulan K3 ini dapat berlangsung lancar dan membangun kesadaran pekerja tentang pentingnya aspek HSSE,” kata Indra.

Di sisi lain, Nana Kanan, mewakili Ketua Umum SP-PBB, menyatakan kesiapan SP-PBB untuk bersinergi dalam mendukung kehandalan operasional dan pencapaian HSSE yang Excellent.

Nana juga mengucapkan terima kasih kepada semua pekerja yang telah berkolaborasi untuk mencapai target zero fatality.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini