Sunday, May 19, 2024
DaerahPertamina Balongan Gelar Webinar Kesehatan Cegah Penyakit Kardiovaskular

Pertamina Balongan Gelar Webinar Kesehatan Cegah Penyakit Kardiovaskular

Indramayu – Bagian Health dari Fungsi HSSE PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan menggelar webinar bertema “Mengatur Pola Makan Pasca Lebaran agar tidak Lebar-an”, Kamis (11/5/2023).

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta yang merupakan pekerja dan keluarga, mitra kerja, hingga perwira Pertamina dari berbagai Unit Kilang Pertamina yang mengikuti melalui aplikasi Mteams. Webinar turut diikuti pula oleh masyarakat umum yang menyaksikan melalui Live Instagram RU VI Balongan.

Section Head Health PT KPI RU VI Balongan, Anharudin, dalam sambutannya menyampaikan webinar ini digelar dalam rangka menjaga kebugaran dan kesehatan perwira Pertamina dan masyarakat.

Anharudin juga menjelaskan pada momen lebaran kemarin, setiap orang akan mengalami perilaku mengkonsumsi makanan yang kurang terjaga seperti mengkonsumsi makanan yang berlemak, tinggi kalori, tinggi gula dan sebagainya.

“Dengan pola makan yang tidak terjaga ini akan berimbas pada kenaikan berat badan atau berpengaruh pada sistem kardiovaskular,” ungkap Anhar.

Menurut Anharudin, dari data hasil Medical Check Up (MCU) RU VI Balongan Tahun 2022 terdapat 68% pekerja yang mengalami obesitas dan 56% yang meningkat kolesterolnya. Selain itu, lanjut Anhar, 42% pekerja memiliki nilai trigliserida yang cukup tinggi.

Melalui data ini, lanjut Anharudin, perusahaan mengajak agar seluruh pekerja dan masyarakat yang mengikuti seminar online ini bisa mengatur pola makan agar bisa mencegah risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung, strok dan lainnya.

Webinar yang berlangsung selama dua jam tersebut, di moderator oleh Isma Nur Isrofiyah, dengan narasumber Dr. dr. Gaga Irawan Nugraha, Mgizi, SpGK.

Dalam pemaparannya, dr Gaga menyampaikan materi tentang mengenali status gizi pada makanan dan mengenali sistem metabolisme pada diri sendiri.

dr Gaga menjelaskan makanan pada saat lebaran memang memiliki peranan dalam menaikkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol, gula darah dan lainnya sehingga pasca lebaran harus kembali diatur pola makan dan sertai penambahan olahraga.

“Hindari makanan yang mengandung tepung dan gula, agar kita sehat dan pensiun dengan bahagia,” ungkap Dokter Gizi asal Kota Bandung tersebut.

Pada kesempatan tersebut, dr Gaga juga berbagi tips agar hidup sehat tanpa keluhan penyakit pasca Lebaran, di antaranya makan teratur 3 kali sehari yang dilengkapi makanan sumber Karbohidrat, Protein Hewani, Protein Nabati, dan sayuran serta selingan makan buah, terutama buah berair.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini