Thursday, April 18, 2024
DaerahPertamina Balongan Ikuti Kompetisi ICC OSH

Pertamina Balongan Ikuti Kompetisi ICC OSH

Indramayu – PT Kilang Pertamina Internasional RU VI Balongan mengirimkan perwakilannya dalam acara Indonesian Convention & Competition Occupational Safety & Health (ICC OSH).

Acara yang dihelat di Hotel Atria Kota Malang pada tanggal 23 – 26 Mei 2023 ini diikuti Pertamina Balongan sebagai bentuk komitmen perusahaan di bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Wahana Kendali Mutu bekerja sama dengan Yayasan Primakarya dan didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Jawa Timur ini dihadiri lebih dari 300 peserta.

Ratusan peserta itu berasal dari berbagai perusahaan multinasional, BUMN, perusahaan swasta, lembaga pemerintah, perguruan tinggi, maupun organisasi-organisasi nirlaba dari dalam negeri yang berkompetisi mendemonstrasikan keberhasilan karya peningkatan mutu dan inovasi K3 dari individu dan kelompok.

Section Head Health PT KPI RU VI Balongan Anharudin menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan kegiatan ICC OSH.

“Acara ini bagus untuk meningkatkan kemampuan perusahaan dalam mencari terobosan atau inisiatif mana yg perlu ditingkatkan, baik dari sisi literasi dan penerapan program di perusahaan,” ungkap Anhar.

Pada kesempatan tersebut, RU VI Balongan melalui perwakilannya dari bagian Health – HSSE mempresentasikan mengenai pengaruh Corporate Wellness Program (CWP) pada kelompok pekerja obesitas.

CWP merupakan program kesehatan dan kebugaran yang dilaksanakan di lingkungan internal RU VI dengan melibatkan pekerja.

“Dari hasil kajian menggunakan metode studi quasi eksperimen yang telah dilakukan terhadap 134 orang, sebanyak 84% orang mengalami perbaikan berat badan dan 68% orang mengalami perbaikan Body Mass Index (BMI),” terang Anhar.

Anharudin menambahkan, Program CWP yang dilaksanakan sejak tahun 2018 hingga sekarang menjadi salah satu inovasi yang mendapat penghargaan berdasarkan penilaian tim juri.

Dalam Indonesian Convention & Competition Occupational Safety & Health (ICC OSH) kali ini, program ini mengantarkan Tim Wellnes RU VI meraih peringkat Bintang Tiga dan memperoleh penghargaan berupa piagam dan plakat.

Di tempat terpisah, Area Manager Communication, Relation & CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli juga turut menyampaikan apresiasinya terhadap penghargaan yang diperoleh.

“Mewakili Tim Manajemen kami menyampaikan selamat dan terima kasih bagi tim yang telah berhasil membawa penghargaan bagi RU VI, ini menjadi raihan yang membanggakan bagi kita semua,” ujar Zulkifli.

Pencapaian ini menunjukan pentingnya program ini untuk dikembangkan. Kepedulian perusahaan terhadap program kesehatan & keselamatan kerja juga tercermin melalui penghargaan ini.

Harapannya melalui program ini produktivitas perusahaan, dan kualitas SDM dapat meningkat, selain itu juga diharapkan dapat mengurangi kerugian akibat kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja, serta mengutamakan tindakan pencegahan.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini