Saturday, July 20, 2024
PendidikanPertamina Balongan Jelaskan SOP Tangani Kebakaran di Kampus ITPB

Pertamina Balongan Jelaskan SOP Tangani Kebakaran di Kampus ITPB

Indramayu – Untuk memperingati Hari Pemadam Kebakaran Internasional atau International Firefighters Day (IFFD), yang jatuh setiap tanggal 4 Mei, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan mengadakan acara “Fire Goes To Campus” melalui Bagian Emergency and Insurance – HSSE RU VI.

Acara ini dilaksanakan di Kampus Institut Teknologi Petroleum Balongan Kabupaten Indramayu, pada Selasa (2/7/2024).

Dalam sambutannya, Pjs. Section Head Emergency and Insurance RU VI Yogi Wardana mengatakan bahwa tujuan dari peringatan Hari Pemadam Kebakaran Internasional adalah untuk menghormati dan mengapresiasi jasa para petugas pemadam kebakaran.

Yogi juga menjelaskan bahwa melalui kegiatan ini, Pertamina ingin mensosialisasikan bahwa Kilang Pertamina Balongan, sebagai industri migas yang memiliki risiko tinggi, juga memiliki petugas pemadam kebakaran yang sangat penting dalam mencegah dan menangani kebakaran sesuai dengan SOP perusahaan.

“Kami berharap melalui program Fire Goes To Campus ini, mahasiswa dapat memperoleh wawasan tentang peralatan dan peran penting petugas pemadam kebakaran,” jelas Yogi.

Pada kesempatan yang sama, Rektor ITPB DR. Ir. H. Hanifah Handayani, MT, mengapresiasi kegiatan Fire Goes To Campus yang ditujukan untuk mahasiswanya, khususnya pada program studi Fire and Safety dan Rekayasa Keselamatan Kebakaran.

Hanifah menyatakan bahwa kegiatan ini memberikan gambaran tentang sistem dan peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki oleh Kilang Balongan, yang selaras dengan mata kuliah yang diajarkan di ITPB.

“Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi bagi mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mereka dan kelak bisa menjadi bagian dari pekerja di Kilang Pertamina Balongan,” ujar Hanifah.

Selama kegiatan Fire Goes To Campus ini, Shift Supervisor Fire Brigade RU VI Agus Hariyanto memaparkan materi terkait peralatan pemadam kebakaran yang ada di Kilang Balongan.

Agus menjelaskan bahwa Kilang Balongan dilengkapi dengan Fire Truck yang membawa media pemadam seperti air, foam, dan bahan kimia kering. Selain itu, Kilang Balongan juga memiliki Fire Truck Bronto (mobil tangga) yang khusus untuk pemadaman di ketinggian.

Kilang Balongan juga dilengkapi dengan HCFM (High Capacity Foam Monitor), Portable Fire Pump, Springkler Area Proses, dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang umum digunakan.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini