Saturday, July 20, 2024
EkonomiBerkat Forderin, Pertamina RU VI Balongan Terima ISRA Gold Award

Berkat Forderin, Pertamina RU VI Balongan Terima ISRA Gold Award

Solo – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali mendapatkan penghargaan berkat konsistensinya dalam menjalankan program CSR di masyarakat.

Melalui program Pemberdayaan Pemuda melalui Juru Las (Forderin), mereka meraih Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) dengan predikat Gold dalam kategori Economic Empowerment di Ballroom Hotel Grand Mercure, Solo Baru, Sukoharjo, Minggu (30/6/2024).

Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, menyampaikan bahwa penghargaan ini merupakan bukti bahwa program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan atau CSR yang dijalankan oleh Kilang Pertamina Balongan tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Zulkifli, program Forderin adalah program pelatihan keahlian sebagai Welder atau juru las profesional 6G SMAW-GTAW yang ditujukan untuk pemuda di Kecamatan Balongan, Indramayu, Juntinyuat, Karangampel, dan Kecamatan Sindang.

Zulkifli menyatakan bahwa para anggota Forderin telah memiliki sertifikasi BNSP dan banyak yang diterima bekerja di berbagai proyek, baik di sekitar Indramayu maupun luar kota.

“Alhamdulillah, pemuda desa ini berkat keahlian las mereka, kini banyak diterima kerja. Dengan sertifikasi yang dimiliki, penghasilan mereka juga terbilang bagus, rata-rata 8 juta per bulan,” jelas Zulkifli.

Selain memberikan keahlian, Pertamina RU VI Balongan juga telah menyediakan workshop bagi anggota Forderin agar mereka bisa terus mengasah keterampilan yang diberikan sehingga semakin mahir dan kompeten.

Tidak hanya bekerja di perusahaan kontraktor dan di kilang Balongan, anggota Forderin juga mampu menerima pesanan pembuatan berbagai konstruksi dari berbagai pihak.

Zulkifli menambahkan, program ini telah berjalan sejak tahun 2020 dan hingga kini telah memberikan manfaat kepada 103 pemuda. Pada tahun 2024, direncanakan pembentukan unit usaha las untuk mendukung perkembangan dan kemandirian Forderin.

Dalam melaksanakan upskilling pemuda desa menjadi juru las, Pertamina RU VI Balongan juga bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah Balai Latihan Kerja (UPTD BLK) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Indramayu agar kegiatan dan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan tercatat resmi di Dinas Tenaga Kerja.

Diharapkan, melalui program CSR ini, Pertamina RU VI Balongan dapat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas SDM masyarakat sehingga turut meningkatkan perekonomian masyarakat dan mengurangi angka pengangguran.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini