Thursday, April 18, 2024
DaerahRutin, Pertamina Balongan Gelar Takjil dan Ifthar Bagi Ratusan Orang Tiap Hari

Rutin, Pertamina Balongan Gelar Takjil dan Ifthar Bagi Ratusan Orang Tiap Hari

Indramayu – Bulan suci Ramadhan kembali tiba, menjadi momen bagi umat Muslim untuk meraih berkah dan keberkahan. Di lingkungan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, semangat berbagi berkah Ramadan terwujud melalui penyediaan takjil dan ifthar bagi ratusan jamaah Masjid Sabilul Muttaqien Perumahan Pertamina Bumi Patra, Indramayu, Jawa Barat.

Setiap harinya, sekitar 150 hingga 200 orang, termasuk warga sekitar Komplek Perumahan Bumi Patra dan mahasiswa, berkumpul untuk berbuka puasa dan Sholat Maghrib berjamaah di Masjid kompleks pekerja Pertamina RU VI ini.

Ragam takjil disediakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), mulai dari kue tradisional, kurma, buah segar, hingga teh manis hangat untuk membatalkan puasa. Tak lupa, nasi kotak juga tersedia sebagai menu makan malam.

Dalam keterangan tertulisnya pada Kamis (14/3/2024), Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan, Mohamad Zulkifli, menjelaskan bahwa penyediaan takjil dan iftar merupakan program rutin Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina RU VI selama Ramadan. Anggaran untuk kegiatan ini berasal dari donasi para pekerja di lingkungan Kilang Pertamina Balongan.

“Bagi masyarakat yang ingin berbuka puasa, silakan datang ke Masjid di Komplek Bumi Patra,” ungkap Zulkifli.

Burhanudin, pengurus DKM Masjid Sabilul Muttaqin, mengungkapkan bahwa selama tiga tahun terakhir Ramadan, 64 pekerja RU VI telah mendonasikan dana untuk kebutuhan ifthar. Total donasi yang terkumpul mencapai Rp 33.970.000.

“Dengan izin Allah, penyediaan ifthar berjalan lancar. Selama tiga hari Ramadan, telah disalurkan lebih dari 500 ifthar nasi kotak,” kata Burhan.

Salah satu warga Balongan, Evi (34), menyampaikan bahwa momen berbuka puasa di Masjid Sabilul Muttaqien merupakan salah satu yang dinantikannya setiap tahun. Baginya, berbuka puasa bersama di masjid adalah keberkahan yang tak tergantikan, hanya bisa dirasakan di bulan Ramadan.

“Alhamdulillah, setiap Ramadan selalu menyempatkan berbuka puasa di sini. Suasananya sangat saya rindukan,” ungkapnya dengan penuh syukur.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini