Tuesday, April 23, 2024
DaerahPertamina Balongan Jadi Tuan Rumah Pelatihan Tanggap Bencana

Pertamina Balongan Jadi Tuan Rumah Pelatihan Tanggap Bencana

Indramayu – PT Pertamina Kilang Internasional (KPI) memang memiliki tugas utama untuk memproduksi kebutuhan energi. Meski begitu tanggung jawab sosial pun tak luput dilakukan.

Salah satu wujudnya dengan melakukan tanggap darurat terhadap kebencanaan. Oleh karena itu, PT KPI telah menggelar Pelatihan Tim Tanggap Bencana yang diselenggarakan selama tiga hari dari tanggal 17 hingga 19 Februari 2023.

Pada pelatihan ini, bertindak sebagai tuan rumah adalah PT KPI RU VI Balongan. Sehingga pada hari pertama apel kesiapsiagaan berlangsung di helipad Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu.

Pada apel tersebut, General Manager PT KPI RU VI Balongan, Diandoro Arifian, bertindak sebagai pembina apel. Ia berharap kegiatan ini mampu menjadikan para relawan memiliki kompetensi yang memadai untuk melakukan tugas-tuhas kemanusiaan kepada korban bencana alam di wilayah Indonesia.

“Seperti kita maklumi bersama, akhir-akhir ini terdapat kecendrungan terjadi bencana yang cukup signifikan dan menimbulkan kerugian harta benda dan Pertamina juga selalu turut hadir menyalurkan bantuan baik berupa logistik, bantuan obat-obatan, pakaian, dan sebagainya”, terangnya.

Pada hari pertama ini juga diisi dengan workshop oleh pemateri Komandan Kodim 0616/Indramayu, Letkol Arm. Andang Radianto, serta Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu, Dadang Oce Iskandar.

Sementara itu hari kedua dan ketiga dilaksanakan di Bumi Perkemahan Trijaya, Kabupaten Kuningan. Disini para peserta dilatih ketangkasan serta capacity building oleh anggota Batalyon Athanud-se 14 Cirebon.

Adapun para peserta sendiri merupakan perwakilan tim security dari PT KPI mulai dari Refinery Unit (RU) 2 Dumai, RU 3 Plaju, RU IV Cilacap, RU V Balikpapan, RU VI Balongan, dan RU VII Kasim.

Ada juga yang berasal dari organisasi pecinta alam Pertamina, Patrapala. Sehingga total keseluruhan peserta berjumlah 80 orang.

# Ikuti berita terbaru Reformasi.co.id di Google News.

Ikuti berita dan informasi terbaru Reformasi.co.id di Google News.

PenulisFaridah

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

Terkini

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com